Hikmah Berdoa Ketika Bercermin

 In Uncategorized

Ukhti, sebagai perempuan tentu kita ingin selalu berpenampilan rapih dan indah bukan? Hal ini sangat wajar dan manusiawi. Karena pada dasarnya,  menyukai kecantikan dan keindahan adalah salah satu fitrah setiap wanita. Selain itu, penampilan yang berantakan juga kerap membuat orang lain tidak nyaman.

Islam tidak melarang untuk menjaga penampilan atau berhias,  asalkan masih dalam adab-adab dan batasan tertentu seperti tidak berlebihan dalam berpakaian atau memakai perhiasan. Adab-adab berhiaspun tak kalah penting. Salah satu adab berhias dalam islam yang kerap kita lupa diantaranya dengan mendahului berdoa sebelum berhias di depan cermin. Bunyi doa tersebut adalah sebagai berikut:

Allahuma kamaa hassanta kholqi fa hassin khuluqii

( Ya Allah sebagaimana Engkau telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku).

Seperti halnya doa-doa lain yang dianjurkan,  doa bercermin tersebut memiliki makna yang patut kita tanamkan dan resapi dalam kehidupan sehari-hari loh Ukhti. Dengan mengucap doa sebelum bercermin,  kita diingatkan untuk selalu bersyukur akan akan nikmat fisik yang Allah berikan  dan yang tak kalah penting adalah berhiasnya seorang muslim tak hanya soal memperindah fisik, namun juga akhlaknya.

Alangkah baiknya bila membiasakan diri untuk selalu berdoa kepada Allah SWT setiap kita akan memulai berhias. Dengan konsisten membaca doa, diharapkan akan muncul kebiasaan bersyukur atas setiap nikmat yang Allah berikan serta menjaga lisan dan perilaku dimanapun kita berada. Jadi ukhti, yuk berlomba-lomba untuk tak hanya mempercantik diri namun juga memperindah hati.

Recent Posts

Leave a Comment

WhatsApp Chat
Send via WhatsApp